3 Langkah Yang Kami Terapkan Demi Menjaga Kenyamanan dan Keamanan Tamu Hotel Selama Pandemi COVID-19



3 Langkah Yang Kami Terapkan Demi Menjaga Kenyamanan dan Keamanan Tamu Hotel Selama Pandemi COVID-19

Wabah Coronavirus yang telah menjadi pandemi di seluruh dunia berdampak sangat keras di industri perhotelan dan pariwisata. Selain dampak secara finansial, ancaman bahaya yang dapat ditimbulkan bagi kegiatan operasional hotel sehari-hari menjadi tantangan tersendiri baik bagi karyawan hotel maupun setiap tamu yang terlanjur datang yang belum sempat membatalkan perjalanan mereka.

Arus keluar masuk orang-orang di kantor depan, misalnya, membawa tantangan bagi petugas resepsionis. Setiap orang dapat melangkah masuk untuk mengantar surat, paket, atau layanan pesan antar makanan bagi tamu yang menginap. Pun begitu dengan petugas kerapian kamar atau housekeeping staff, yang mendapat kewajiban dalam pembersihan ruangan setelah tamu check-out.

Oleh karena itu, beberapa langkah disiplin harus kami tempuh untuk menjaga dan memastikan kenyamanan bagi setiap tamu yang datang maupun menjamin keamanan untuk para staff kami. Berikut ini 3 langkah yang menjadi standar etika yang harus selalu kami terapkan.

Memakai masker dan menjaga jarak minimal 1 meter

Baik tamu yang menginap; petugas pengantar paket, surat, dan layanan pesan antar; maupun antara masing-masing karyawan, kami tetap harus menjaga jarak minimal 1 meter untuk mencegah penularan virus covid-19 melalui droplets atau cipratan. Setiap staff kami sudah dibekali dengan alat perlindungan diri sesuai anjuran pemerintah seperti masker dan sebisa mungkin menghindari kontak fisik seperti berjabat tangan.

 

Cuci, cuci, dan cuci tangan

Meski kami telah menyediakan hand-sanitizers di area-area yang diakses publik, namun mencuci tangan dengan benar sesuai prosedur standar WHO adalah hal utama yang tidak boleh kami lewatkan. Selain disiplin cuci tangan yang kami terapkan bagi seluruh karyawan setelah memegang benda apapun yang berada di area hotel, kami juga menganjurkan setiap tamu yang datang untuk mencuci tangan mereka sebelum masuk ke area resepsionis maupun lobi hotel.

 

Penyemprotan disinfektan secara reguler

Sebagai tindakan pamungkas untuk pencegahan penyebaran virus covid-19 yang bisa kami tempuh adalah memastikan seluruh permukaan tempat di area hotel dalam keadaan steril. Penyemprotan dengan larutan disinfektan secara reguler dilakukan dua kali dalam satu hari, yakni setiap pagi dan sore hari. Diharapkan meski banyaknya arus keluar masuk orang-orang di area kantor depan dan lobi, seluruh tempat terjaga kebersihannya dan meminimalisir resiko bersarangnya virus di permukaan yang sering dijamah orang, seperti handle pintu dan permukaan meja resepsionis.

Hal yang terbaik yang bisa kita semua lakukan di tengah perang melawan mikroorganisme berbahaya seperti saat ini adalah dengan tindakan pencegahan dan kedisplinan dalam menjaga kebersihan diri maupun sekitar. Tiga langkah yang kami jabarkan di atas adalah pakem yang harus dilaksanakan setiap staff di Griya Yunika dan anjuran bagi setiap tamu yang datang untuk memastikan keamanan dan kenyamanan setiap karyawan maupun tamu yang datang. Doa terbaik, kita harapkan agar badai ini bisa segera berlalu.

CS Griya Yunika
Selamat datang di Griya Yunika ada yang bisa kami bantu?
11:19
Ada Yang Bisa Kami Bantu?